Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Gampang Hasil Melimpah

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Praktis Hasil Melimpah – Jeruk nipis merupakan jeruk yang banyak dipakai sebagai kebutuhan rumah tangga ibarat untuk bumbu kuliner dan untuk menghilangkan busuk amis.

Selain dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, jeruk nipis juga sering dipakai sebagai obat batuk, amandel, jerawat, mengatasi rambut rontok, ketombe dan masih banyak lainnya.

Cara Budidaya Jeruk Nipis

Dengan kegunaan dan manfaat yang tinggi maka tidak heran usul akan jeruk nipis kian hari kian meningkat sehingga cocok dijadikan lahan perjuangan yang menjanjikan.

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Praktis Hasil Melimpah

Jeruk nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) adalah tumbuhan yang banyak tersebar di wilayah asia dan amerika dengan bentuk batang tinggi berduri dan buah berwarna hijau.

Untuk membudidayakan tumbuhan ini tidak lah susah dan tidak memerlukan biaya yang besar hanya diharapkan ketelatenan dan kesabaran.

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara membudidaya jeruk nipis dari mulai menciptakan bibit hingga panen.

Pemilihan Bibit

Bibit jeruk nipis sanggup kita peroleh dengan  membuat bibit sendiri atau bila tidak mau repot sanggup membelinya di penjual bibit tanaman.

Untuk menciptakan bibit sendiri terdapat dua cara yaitu generatif (biji) dan vegetatif (stek,sambung,okulasi).Cara Stek Batang Tanaman Dan Teknik Pembuatan Bibit Stek

1. Cara generatif

  1. Siapkan polybag yang diisi dengan tanah yang dicampur dengan kompos dengan perbandingan 2:1.
  2. Lalu masukkan biji jeruk nipis yang berasal dari induk yang berbuah lebat dan sehat kedalam polybag yang sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Berikan naungan berupa paranet atau daun kelapa biar tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung.
  4. Sirami bibit sehari dua kali pada pagi dan sore hari.
  5. Bibit sanggup ditanam dilahan sesudah bibit berumur 4 – 5 bulan dari awal penanaman.

2. Cara vegetatif

Untuk menciptakan bibit secara vegetatif sama ibarat menciptakan bibit generatif  hanya bibit hasil genaratif  yang sudah mempunyai baatng sebesar pensil harus disambung atau diokulasi dengan hibrida biar tumbuhan cepat berbuah dan produksi buahnya tinggi.

Pengolahan lahan

Pengolahan lahan dilakukan dengan menciptakan lubang dengan jarak 3×4 atau 4×4 dengan kedalaman 50 cm dan lebar 50 cm kemudian isi lubang memakai kotoran binatang yang sudah matang atau kompos, kemudian diamkan selama satu minggu.

Atau bila anda ingin menciptakan tumbuhan jeruk nipis sebagai penghias rumah anda sanggup menanamanya di pot atau sering juga disebut tabulampot.

Perawatan

Perawatan jeruk nipis dilakukan dengan membersihkan sekitar batang dari gulma atau rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan dan menghalangi sinar matahari masuk kedalam tanah.

Berikan pemupukan memakai pupuk Npk 16:16:16 atau sanggup memakai Kcl dan urea sebanyak 100 gr/tanaman dan takaran pemupukan bertambah menyesuaikan umur tanaman.

Lakukan penyemprotan untuk merangsang pertumbuhan batang dan buah menggunaan pupuk gandasil D dan B dan pembasmi hama ibarat Ragen, Decis.

Pangkas ranting ranting yang kering dan menyamping untuk menjaga biar tumbuhan satu dan lainnya tidak bertumpuk yang akan mengakibatkan tumbuhan terjangkit hama penyakit

Pemanenan

Jeruk nipis sanggup dipanen sesudah berumur 2,5 tahun terhitung dari penanamn dilahan atau pot untuk cara vegetatif dan untuk cara generatif sanggup hingga 3 tahun lebih.

Dalam satu hektar lahan jeruk nipis sanggup menghasilkan hingga 4 – 5 ton bila dikalikan dengan harga standar Rp 5000 maka hasil yang didapatkan cukup besar bukan.

Demikian klarifikasi tentang Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Praktis Hasil Melimpah semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.