Cara Menanam Cabe Merah Di Polibag Agar Berbuah Lebat

275 views

Sebelum kita mengkaji mengenai cara menanam cabe merah di polybag marilah kita bahas mengenai cabe khususnya dahulu. Cabe adalah jenis tanaman sayuran tapi mempunyai rasa yang pedas, rasa pedas yang terdapat terhadap cabe menyebabkan banyak orang jadi lebih nikmat kala menikmati suatu hidangan.

Kebanyakan orang bakal merasakan suatu masakan jadi lebih nikmat karena rasa pedas yang terdapat terhadap cabe sehingga nafsu makan bakal meningkat. Saat orang menikmati makanan pedas maka orang berikut bakal enggan untuk berhenti menikmati makanan berikut dan inginkan selamanya makan lagi, lagi dan lagi.

cara menanam cabe merah

Cabe merupakan jenis tanaman yang nilainya juga ekonomis, terhadap petani modern selagi ini banyak petani yang membudidayakan tanaman cabe apalagi cabe sanggup diandalkan jadi tanaman yang sanggup memenuhi kebutuhan hidup.

Petani jaman saat ini contohnya petani cabe berasumsi bahwa bertani cabe merupakan suatu usaha karena bersama dengan langkah bertani cabe maka petani akam meraih keuntungan yang lebih dibandingkan bersama dengan bertani tanaman sayuran yang lainnya. Contohnya yakni harga cabe sanggup meningkat tajam sampai 10 kali lipat selagi stok cabe dari petani terbatas atau berkurang.

Hal yang sanggup menyebabkan berkurangnya stok cabe dari petani adalah diakibatkan oleh penyakit terhadap tanaman cabe. Contoh penyakit cabe yang sukar diatasi oleh petani adalah jenis penyakit busuk batang dan pathek. Kedua jenis penyakit berikut belum sanggup diatasi oleh petani dan pemerintah.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai cara menanam cabe merah di polybag sehingga Anda sanggup menekan pengeluaran kala harga cabe meningkat tajam.

Baca juga : Cara Menanam Seledri

Tahapan Cara Menanam Cabe Merah

Agar tanaman cabe merah yang ditanam di polybag dapat tumbuh subur serta dapat menghasilkan buah yang cukup memuaskan terlebih dahulu anda tahu langkah-langkah atau cara menanam cabe merah untuk media tanam yang menggunakan media polybag, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini bersama dengan paham dan teliti:

1. Pemilihan Biji Cabe

Sebaiknya untuk memilih cabe yang bagus adalah cabe yang udah matang terhadap pohonnya. Cabe yang udah matang terhadap pohon yakni bersama dengan tanda-tanda cabe udah merah kala masih di pohon dan cabe udah agak mengering. Anda tidak mesti kuatir mengapa cabe kering di pohon, karena justru itu adalah cabe yang bagus dijadikan sebagai bibit dan sanggup bertumbuh jadi bibit terhadap selagi proses penyemaian.

2. Bahan-bahan

Ada banyak bahan yang mesti disiapkan sebelum proses langkah menanam cabe di polybag dilakukan, yaitu: benih cabe, polybag, tanah lembut atau gembur, pupuk kandang atau pupuk urea, pupuk KCL, ajir atau lanjaran, obat anti hama dan obat penyubur.

3. Pengolahan

Untuk proses pengolahan bahan sebagai fasilitas tanam ialah sangat mudah, simaklah ulasan berikut ini bersama dengan paham dan seksama:

  1. Campurkan bahan-bahan yang udah disiapkan yakni meliputi: tanah, pupuk kandang atau pupuk urea bersama dengan rata dan lantas tambahkan sedikit campuran setiap satu polybag yakni ditambah KCL satu sendok makan.
  2. Masukkan bahan-bahan yang udah tercampur bersama dengan rata kedalam polybag yang udah disiapkan. Tanah di dalam polybag tidak mesti dipadatkan sehingga tanah selamanya selamanya gembur.

4. Penanaman

Untuk proses penanaman cabe di lahan polybag maka tidak mesti ditunaikan penyemaian khususnya dahulu atau penyemaian segera memanfaatkan polybag. Simaklah langkah menanam cabe merah di polybag segera dari benih cabe berikut ini:

  1. Sebelum di beri benih cabe terhadap polybag, maka sebaiknya tanah disiram khususnya dahulu memanfaatkan air biasa sampai lembab bersama dengan rata.
  2. Setelah tanah di dalam polybag basah sampai rata maka langkah sesudah itu yakni pertolongan benih cabe kedalam polybag.
  3. Polybag yang udah di beri benih cabe sesudah itu ditutup memanfaatkan dedaunan atau sanggup juga memanfaatkan plastik mulsa. Tutup sampai benih cabe bertumbuh yakni kira-kira satu minggu.
  4. Setelah benih cabe merasa bertumbuh maka langkah sesudah itu yakni ditunaikan penyiraman setiap hari sehingga tanah selamanya lembab dan kebutuhan air pada tanaman cabe terpenuhi.

5. Perawatan

Agar tanaman cabe merah dapat tumbuh berkembang biak dengan baik dan berbuah banyak, maka tanaman cabe wajib anda lakukan perawatan, langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Saat usia cabe udah menanjak kira-kira 2 bulan maka ditunaikan penyiraman setiap 2 minggu sekali yakni memanfaatkan campuran air bersama dengan pupuk kompos dan TSP.
  2. Jangan lupa memberikan ajir terhadap sisi tanaman sebagai tiang penyangga tanaman sehingga tidak ambruk atau roboh.
  3. Ketika tanaman cabe udah merasa bertumbuh bunga maka dilakukan penyemprotan memanfaatkan obat anti hama dan obat penyubur buah.
  4. untuk penyemprotan pada tanaman cabe merah lebih baik dilakukan kira-kira 1 minggu atau 2 minggu sekali.

Demikianlah sedikit pembahasan kami tentang cara menanam cabe merah di polybag, semoga dapat memberikan sedikit tambahan wawasan bagi para pembaca semuanya, sampai jumpa kembali di pembahasan artikel kami lainnya. Terima kasih selamat mencoba dan salam sukses selalu untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *