Cara Menanam Cabe Yang Paling Mudah Dari Penyemaian Hingga Panen

208 views

Cara Menanam Cabe – Sebelum mengupas tentang ulasan tentang tentang langkah cara menanam cabe mari kita simak sedikit pengertian tentang cabe tersebut ini. Cabe adalah jenis tanaman sayuran yang rasanya pedas, sensasi rasa pedas yang terdapat terhadap cabe mampu menaikkan nafsu makan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Cabe juga jenis sayuran atau bumbu yang sangat pokok untuk memasak. Setiap masakan di Indonesia terhadap dasarnya tetap butuh cabe, baik itu sedikit maupun banyak. Tingkat kepedasan terhadap cabe ialah berbeda, tersedia yang biasa saja dan tersedia pula cabe yang sangat pedas.

cara menanam cabe

Banyak petani yang membudidayakan tanaman cabe sebab harga cabe juga mahal dan cukup stabil. Dalam hitung-hitungan petani tiap-tiap selagi menanam cabe tidaklah rugi, sebab tiap-tiap menanam cabe terhadap selagi dijual pembulatannya tetap untung. Kenapa bisa?

Karena di dalam perhitungan harga menjual cabe yang sangat minim saja petani sudah memperoleh untung, apalagi jika terhadap selagi harga cabe meningkat sampai berulang-kali lipat pastinya petani dapat memperoleh hasil keuntungan yang sangat besar juga tentunya. Tanaman cabe mampu ditanam dimana saja baik dataran rendah, dataran sedang dan juga dataran tinggi.

Baca juga : Cara mudah menanam cabe merah

A. Persyaratan Cara Menanam Cabe yang Baik

Syarat-syarat untuk menanam cabe supaya cabe bertumbuh bersama baik dan maksimal:

  1. Usia bibit cabe sekurang-kurangnya 4 minggu berasal dari penyemaian, contoh bibit cabe yang sudah siap untuk ditanam ialah daun terhadap bibit cabe kurang lebih 4 lembar sampai 6 lembar.
  2. Tanah mempunyai kandungam zat organik yang banyak dan tanah juga gembur.
  3. Tingkat keasaman atau kelembaban terhadap tanah tercukupi.
  4. Suhu udara disekitar 16°C sampai 32°C.
  5. Intensitas pencahayaan cahaya terhadap matahari tercukupi yakni tiap-tiap harinya kurang lebih 10 jam sampai 12 jam.

B. Tahapan Cara Menanam Cabe Yang Baik

Selain beberapa syarat diatas, di dalam cara menanam cabe yang baik dan benar juga terdapat beberapa langkah yang wajib diperhatikan, yaitu:

1. Pengolahan Lahan

Untuk memperoleh hasil yang maksimal alangkah baiknya menanam cabe di lahan bedeng. Berikut ini adalah sistem mengakibatkan lahan bedeng:

a. Penggemburan Tanah

Tanah digemburkan bersama langkah dicangkul yakni sekurang-kurangnya bersama kedalaman 25 cm. Cangkulah tanah sampai merata supaya semua gembur.

b. Pembentukan

Tanah dibentuk menyerupai persegi panjang bersama ketebalan kurang lebih 10 cm, lebar 80 cm atau mampu cocok ukuran plastik mulsa, dan panjang juga mampu disesuaikan dengam ukuran tanah.

c. Pemupukan

Sebelum dilakukan pemupukan alangkah baiknya jika tanah sangat lembab maka mampu ditaburkan mil tertentu tanah atau kapur tertentu tanah supaya kandungan air di di dalam tanah mampu terserap. Setelah kapur ditaburkan bersama merata keatas tanah maka mampu dilakukan pemupukan, yakni caranya pupuk kandang sapi atau kambing dijereng secara merata terhadap semua bagian tanah yang sudah terbentuk bersama ketebalan sekurang-kurangnya 5 cm. Kemudian diatas pupuk kandang mampu ditambahkan pupuk urea secara tipis-tipis dan juga jangan lupa diberi pupuk KCL.

d. Penutupan Lahan Bedeng

Setelah semua pupuk sudah selesai dimasukkan maka langkah seterusnya yakni tutup lahan bedeng memanfaatkan tanah biasa bersama ketebalan kurang lebih 5 cm. Ratakan tanah sampai membentuk gundukan dan sesudah itu jangan lupa tutup memanfaatkan plastik mulsa.

2. Penanaman

Sebelum dilakukan penanaman sebaiknya pilihlah bibit tanaman cabe terutama dahulu bersama umur sekurang-kurangnya 4 minggu berasal dari penyemaian.

3. Perawatan

Untuk mendapatkan hasil tanaman yang maksimal maka tanaman cabe membutuhkan perawatan, antara lain yaitu :

  1. Jika umur tanaman sudah capai 1 minggu maka wajib diberikan ajir atau lanjaran terhadap tiap-tiap sisi tanaman cabe bersama jarak berasal dari tanaman kurang lebih 4 cm.
  2. Setelah umur tanaman 1 bulan maka tanaman cabe dikaitkan bersama ajir memanfaatkan tali. Pengkaitan tersebut memiliki tujuan supaya tanaman cabe tidak roboh selagi umur tanaman sudah dewasa dan berbuah.
  3. Setiap selagi 2 minggu sekali maka wajib dilakukan pengecoran kedalam lubang tanah terhadap tanaman yakni meliputi pupuk kandang, TSP, KCL dan juga pupuk urea yang sudah dicairkan mengunakan air biasa. Aduklah campuran bahan-bahan tersebut sampai merata.

Lakukan beberapa langkah perawatan diatas tersebut sampai menjadi tumbuh bunga. Jika bunga sudah menjadi bertumbuh maka langkah perawatan wajib ditambahkan penyemprotan obat anti hama dan juga obat penyubur. Penyemprotan dilakukan keseluruh tanaman sampai merata supaya obat mampu bekerja bersama maksimal.

4. Masa Panen

Saat tiba panen sebaiknya dilakukan 5 hari sekali dan di kemudian hari sebaiknya dilakukan penyemprotan kembali. Lakukan langkah tersebut secara terus menerus sampai cabe sangat tidak bertumbuh.

Cukup sekian ulasan tentang langkah cara menanam cabe yang baik dan benar. Semoga tetap bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *