Cara Menanam Jagung Hibrida Agar Hasil Panen Melimpah

149 views

Cara Menanam Jagung Hibrida – Jagung adalah juga tipe makanan pokok sebagai pengganti beras, jagung juga juga tanaman yang gampang tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Jagung bisa dimanfaatkan sebagai nasi pengganti beras, selain itu jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai tepung atau gandum, pop corn, dibakar, campuran bakwan, dimasak sayur dan juga tetap banyak lagi yang lainnya yang bisa dimanfaatkan berasal dari bahan jagung.

cara menanam jagung hibrida

Pada zaman sekarang jagung umumnya gampang didapatkan hanya di desa-desa khusus atau di pelosok desa, bagi orang kota jagung merupakan tanaman langka namun sebenarnya jagung justru lebih banyak dapat fungsi juga takaran karbohidrat yang terdapat pada jagung untuk sebagai makanan pengganti nasi.

Baca juga : Cara Menanam Jagung Manis

Tahapan Cara Menanam Jagung Hibrida

Sebelum bahas bagaimana cara menanam jagung hibrida dan juga cara perawatan jagung hibrida hingga panen. Berikut beberapa cara dan sistem yang wajib diperhatikan, yaitu:

1. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yaitu berawal berasal dari memproduksi tanah khususnya dahulu, tanah digemburkan mengfungsikan cangkul atau mesin traktor dengan kedalaman kira-kira 25 cm. Setelah tanah udah digemburkan dengan merata maka cara sesudah itu yaitu menyebabkan lubang pada tanah, buatlah lubang dengan kedalaman kira-kira 10 cm dengan panjang dan luas juga kira-kira 10 cm.

Buatlah jarak berasal dari lubang kelubang kira-kira 20 cm dengan jarak tiap barisnya yaitu kira-kira 80 cm, pemilihan jarak tersebut sehingga jarak tidak sangat dekat dan juga tidak sangat jauh sehingga tanaman jagung bisa bertumbuh dengan rapi.

2. Pemberian Pupuk

Pupuk diberikan pada lahan yang udah dilubangi yaitu sebanyak kira-kira dua kepal tangan orang dewasa, pemberian pupuk ini yaitu berasal dari type pupuk kandang, pupuk kandang diberikan dengan tujuan untuk menyebabkan tanah lebih gembur dan subur. Pupuk kandang dimasukkan kedalam lubang tanah yang udah dipersiapkan pada keterangan diatas yang udah aku jelaskan tadi.

Setelah itu pemberian type pupuk urea, pupuk urea di memilih yang berwarna hitam dan juga putih. Pupuk urea tersebut dicampur jadi satu dengan perbandingan 2:1, pupuk urea dimasukkan kedalam lubang tadi dengan ukuran 1 sendok makan, namun kalau tidak diberi pupuk urea juga tidak sangat memiliki masalah terkait dengan situasi lahan yang dapat dijadikan untuk menanam jagung hibrida.

3. Penutupan Lahan

Lahan yang udah diberi pupuk pada keterangan diatas sesudah itu ditutup dengan mengfungsikan tanah, penutupan dengan mengfungsikan tanah tersebut memadai dengan ketebalan kira-kira 5 cm atau kurang berasal dari 5 cm, penutupan tersebut punya tujuan sehingga bibit biji jagung tidak bersentuhan secara segera dengan pupuk, dikarenakan kalau pupuk bersentuhan secara segera dengan bibit biji jagung maka biji jagung tidak bisa bertumbuh dengan prima atau bisa juga dikatakan perkembangan bibit biji jagung dapat lama.

4. Pemberian Lubang

Pemberian lubang ini punya tujuan untuk peletakan bibit biji jagung, yaitu dengan cara memadai mengfungsikan jari orang dewasa dan tidak sangat di dalam yaitu dengan kedalaman kira-kira 3 cm.

5. Peletakan Bibit

Bibit biji jagung dimasukkan kedalam lubang yang udah dibuat mengfungsikan jari tangan, biji jagung dimasukkan kedalam lubang sebanya 3 biji, mengapa wajib 3 biji jagung? Karena itu udah juga ukuran yang sangat ideal, hal itu dimaksudkan untuk menyebabkan perkembangan biji jagung bisa prima dan kalau tersedia biji jagung yang mati maka di dalam satu lubang tersebut udah tersedia cadangannya. Setelah peletakan bibit biji jagung sebaiknya biji jagung ditutup lagi mengfungsikan tanah dengan ketebalan kira-kira 2 cm sehingga biji jagung tidak hilang atau dimakan hama dan juga bisa tumbuh dengan baik.

6. Perawatan

Perawatan tanaman jagung tidaklah sulit melainkan sangat gampang, yaitu memadai memberi pupuk urea di kira-kira tanaman jagung yang berusia kira-kira 1 bulan dengan jarak kira-kira 5 cm, aku kasih sayan sebaiknya jangan lebih dekat dengan tanaman dikarenakan resikonya tanaman bisa mati. Selain itu perawatannya juga membersihkan rumput-rumput liar yang merasa tumbuh disekitar tanaman jagung.

Setelah beberapa langkah diatas dilakukan, maka cara sesudah itu yaitu tinggal menanti tanaman jagung bertumbuh bunga, bunga pada tanaman jagung tersebut tandanya bahwa jagung dapat segera tumbuh, bunga pada tanaman jagung umumnya tumbuh pada waktu usia tanaman jagung 70 hari, menanti hingga usia 80 hari maka bunga jagung dapat berubah jadi jagung.

7. Waktu Panen Jagung Hibrida

Bagaimana, tidak sulit kan untuk menanam jagung hibrida? Setelah tanaman jagung berusia kira-kira 90 hari maka dijalankan pembersihan daun-daunnya, cara pembersihan daun tersebut yaitu daun yang berada di bawah jagung khususnya dahulu sehingga jagung keluar dan tanaman jagung tidak sangat rimbun. Kemudian pada usia 100 hari maka pucuk daun atau tangkai daun yang terletak diatas jagung dipotong mengfungsikan sabit sehingga jagung keluar dan cepat tua.

Ciri-ciri jagung yang udah tua yaitu jagung merasa keras dan daun jagung yang mulanya hijau berubah jadi putih, kalau jagung udah keluar layaknya itu maka jagung siap untuk dipanen. Cukup sekian tutorial menanam jagung hibrida berasal dari pengolahan, perawatan hingga penanaman berasal dari saya. Semoga berfungsi bagi Anda semua.

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang cara menanam jagung hibrida semoga dapat memberikan sedikit tambahan wawasan anda dalam budidaya tanaman jagung, sampai ketemu lagi dipembahasan kami lainnya Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *