Cara Menanam Jagung Manis Agar Hasil Panen Melimpah

58 views

Pada dasarnya untuk cara menanam jagung manis adalah serupa sama halnya dengan menanam jagung yang lainnya, baik dari sistem pengolahan lahan sampai perawatannya, baik itu dari jenis jagung manis yang saat ini bakal aku bahas ini, jagung hybrida sampai jenis jagung putih atau jenis jagung biasa, hanya sistem dan pas pemanenan saja yang berbeda.

Pada saat pemanenan jagung manis biasanya lebih cepat dari pada jagung-jagung yang lainnya, sebab jagung manis di panen pada pas usia jagung masih muda. Pada pas ini aku bakal mengupas mengenai sistem menanam jagung manis. Sebelum kami mengupas mengenai sistem menanam jagung manis yang baik, mari kami cari mengetahui dan mengupas terlebih dahulu mengenai pengertian jagung manis itu apa.

cara menanam jagung manis

Jagung manis adalah jenis jagung yang berwarna kuning keemasan, jenis jagung ini dapat diolah untuk dijadikan jagung bakar, bakwan, sop atau dapat terhitung untuk campuran jenis masakan tertentu. Pada zaman moderen sekarang ini peminat untuk jenis jagung ini tentunya masih terlampau banyak, begitu pula untuk petaninya, sebab jenis jagung manis masih terlampau baik di pemasaran dan terhitung permohonan costumer masih tinggi.

Tetapi ada sebagian justru para petani, untuk minat menanam jenis jagung manis sudah menyusut sebab petani masa saat ini sudah berkhayal tanaman yang cocok untuk zaman modern seperti zaman saat ini. Contoh tanaman yang konsumtif atau tanaman yang cocok keperluan pasar, bakal namun justru sebab tambah berkurangnya petani jenis jagung manis ini maka bakal lebih luas terhitung untuk peluang pemasarannya.

Baca juga : Cara Menanam Semangka

Tahapan Cara Menanam Jagung Manis

Pada dasarnya sistem pengolahan lahan dan perawatan untuk tanaman jagung manis adalah serupa seperti sistem pengolahan lahan dan perawatan pada jagung yang lainnya. Berikut bakal aku memberikan ulasan mengenai sistem beserta keterangannya mengenai mengenai cara menanam jagung manis yang baik dan benar.

  1. Buatlah lubang mengfungsikan cangkul jangan terlampau dalam, hanya cukup untuk meletakkan pupuk kira-kira satu kepal orang dewasa.
  2. Setelah pelubangan sudah selesai, maka langkah seterusnya mesti dilakukan yakni pertolongan pupuk kandang seperti yang aku sebutkan seperti diatas tadi, yakni sebanyak serupa bersama satu kepal tangan orang dewasa.
  3. Diatas pupuk kandang kemudian diberi pupuk urea yang sudah dicampur yakni antara warna hitam dan warna putih, pertolongan pupuk urea yang sudah dicampur selanjutnya yakni sebanyak satu sendok teh keatas pupuk kandang yang sudah disebutkan tadi.
  4. Setelah itu, langkah seterusnya yang mesti dilakukan adalah peletakan biji jagung yang sudah dipersiapkan. Peletakan biji jagung ini setiap satu lubang di beri kira-kira 2 biji atau 3 biji, supaya setiap lubang tidak terlampau banyak atau terlampau sedikit. Dan pertolongan biji selanjutnya memiliki tujuan untuk memelihara jikalau ada biji yang tidak tumbuh maka masih ada biji lain yang dapat tumbuh di dalam satu lubang yang sama.
  5. Dalam kurun pas di kira-kira 1 minggu maka bibit biji jagung bakal mulai tumbuh. Pertumbuhan bibit biji jagung ditandai bersama tumbuhnya kecambah.
  6. Setelah bibit biji jagung mulai tumbuh, maka langkah seterusnya yang mesti dilakukan yakni sistem perawatan, sebaiknya disaat sistem perkembangan jagung belum terlampau dewasa alangkah baiknya bibit jagung ditutupi mengfungsikan penutup, perumpamaan untuk dijadikan penutup yakni mengfungsikan gedebok pisang yang sudah dipotong bersama ukuran lebar kira-kira 10 cm. Penutupan ini memiliki tujuan supaya bibit jagung tidak rusak disaat cuaca ekstrim seperti contohnya pas hujan lebat, sebab bibit jagung dapat patah sebab bibit jagung masih rapuh.
  7. Saat bibit jagung mulai bertumbuh dewasa yakni disekitar usia 1 bulan sampai 2 bulan, maka langkah seterusnya adalah pertolongan pupuk urea yang berwarna putih, pertolongan pupuk jangan terlampau dekat yakni berjarak disekitar 5 cm dari bibit jagung tersebut, sebab jikalau jarak terlampau dekat bersama bibit jagung maka bibit jagung justru bakal mati.
  8. Pada usia 70 hari maka bunga pada tanaman jagung bakal mulai tumbuh, bunga ini pertanda bahwa tanaman jagung bakal segera berbuah.
  9. Tanaman jagung menunggu sampai berusia 80 hari, maka bunga pada tanaman jagung yang sudah tumbuh bakal berubah jadi buah jagung atau dapat disebut terhitung jagung muda.
  10. Disinilah perbedaan antara jenis jagung manis bersama jenis jagung yang lainnya, kalo jenis jagung lainnya pada pas usia masih 90 hari maka jagung selanjutnya masih di dalam sistem perawatan dan pemanenan masih lama yakni diusia 105 hari, bakal namun tidak sama bersama jenis jagung manis, jagung manis justru lebih awal sistem atau pas pemanenannya dari pada jagung yang lainnya, yakni pada usia 90 hari jagung manis sudah siap untuk di panen.

Mengapa jagung manis lebih awal untuk sistem panennya? Karena jagung manis dimanfaatkan pada pas usia jagung manis masih muda, supaya tidak mesti menunggu panen sampai jagung manis menua.

Proses pemanenan jagung manis sangatlah mudah, yakni jagung dipetik tepat di bawah tangkai tangkai jagung, cukup hanya dipotong mengfungsikan arit atau sabit jagung manis sudah dapat dipetik.

Sekarang sudah tau kan mengenai menanam jagung manis yang baik dan benar, saat ini silakan mencoba bagi Anda semuanya. Cukup sekian ulasan mengenai cara menanam jagung manis yang baik dari kami, kalau ada kalimat yang kurang tepat atau belepotan mau dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *