Cara Menanam Seledri Agar Cepat Tumbuh Subur, Perhatikan Langkah Ini !

241 views

B. Penyemaian

Dalam cara atau proses penyemaian tetap banyak petani yang belum menguasai dan berminat untuk melakukannya sendiri. Pasalnya proses cara dan perawatan dalam penyemaian sangatlah mesti cermat dan benar supaya beroleh bibit yang bagus. Untuk itu tetap banyak petani yang enggan melaksanakan proses penyemaian sendiri dan lebih memilih untuk membeli bibit yang udah siap tanam. Maka berasal dari itu peluang tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang yang tahu tentang penyemaian. Dan pastinya sebagai ladang usaha untuk proses pembibitan.

a. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum melakukan cara menanam seledri yang baik, terlebih dahulu anda wajib menyiapkan alat dan bahan-bahan. Bahan-bahan dan alat yang diperlukan adalah:

  1. Benih seledri
  2. Plastik pot ukuran kecil atau khusus penyemaian.
  3. Tanah yang lembut atau gembur.
  4. Pupuk urea.
  5. Ayakan yang terbuat berasal dari strimin berukuran 0,5 cm.
  6. Cangkul.

b. Pembuatan Bibit Pot

Langkah selanjutnya yakni sistem penyemaian. Ada lebih dari satu sistem dalam penyemaian yang mesti dilaksanakan secara berurutan. Proses yang pertama dilaksanakan dalam penyemaian adalah pembuatan bibit pot khususnya dahulu. Bibit pot dibikin dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Campur tanah dengan pupuk urea dan ditambahkan pupuk KCL yakni dengan perbandingan tanah 6 ember cat besar : pupuk urea 1 ember cat besar : pupuk KCL 1 kg . Campurkan bahan-bahan tersebut hingga tercampur dengan rata.
  2. Setelah seluruh tercampur dengan rata maka langkah selanjutnya yakni campuran tersebut di ayak atau di saring. Tujuan pengayakan supaya campuran tanah tersebut menjadi lembut dan menengahi berasal dari bahan-bahan yang tidak lembut.
  3. Masukkan campuran tanah yang udah menjadi ke dalam plastik pot. Cara memasukkan yakni dengan langkah seakan-akan menaburkan ke dalam plastik tersebut. Agar tanah di dalam plastik pot tidak padat dan selalu gembur.
  4. Sebelum pot di buat untuk sistem penyemaian alangkah baiknya tanah di siram khususnya dahulu pakai air biasa. Tujuan penyiraman tersebut supaya tanah menjadi lembab dan terpenuhi kandungan air nya.

c. Proses Penyemaian

Setelah sistem pembuatan bibit pot selesai maka langkah selanjutnya yakni penyemaian. Simaklah ulasan tersebut ini yakni mengenai beberapa langkah sistem penyemaian beserta keterangan nya:

  1. Masukkan benih seledri ke dalam pot bibit yang udah disiram air biasa khususnya dahulu.
  2. Tutup bibit pot yang udah di beri benih seledri pakai dedaunan, palstik mulsa atau kain. Penutupan dilaksanakan supaya tanah di dalam pot selalu terjaga kelembabannya.
  3. Penutupan dijalankan selama kurang lebih 1 minggu maka benih seledri aku menjadi bertumbuh tunah. Setelah benih telah menjadi bertumbuh maka alangkah baiknya penutup kudu di membuka agar tunas tidak rusak.
  4. Perawatan bibit seledri dijalankan tiap-tiap hari yaitu bersama cara di siram air biasa tiap-tiap pagi dan sore hari. Penyiraman dijalankan tiap-tiap hari hingga bibit seledri siap di tanam pada lahan bedengan.
  5. Bibit seledri yang telah siap tanam yaitu berusia sedikitnya sekitar 2 minggu dari proses penyemaian.

Setelah tahap-tahap diatas telah dijalankan bersama benar maka langkah penyemaian telah selesai. Langkah selanjutnya yaitu proses penanaman dan perawatan hingga panen.

C. Penanaman

Untuk proses atau cara menanam seledri tidaklah rumit. Karena hal yang paling pokok untuk menanam seledri adalah keperluan air untuk tanaman terpenuhi. Maka dari itu kami kudu senantiasa teratur jalankan penyiraman atau pengecoran pada tanaman seledri. Untuk lebih jelasnya maka simaklah ulasan tersebut ini berkenaan penanaman dan perawatan tanaman seledri:

Penanaman bibit seledri serupa dijalankan layaknya pada tanaman yang lainnya, yaitu:

  1. Buatlah lubang pada lahan bedengan yang telah dipersiapkan.
  2. Untuk meraih hasil yang maksimal maka Anda dapat beri tambahan pupuk kandang pada tiap-tiap lubang nya.
  3. Jika Anda beri tambahan pupuk kandang pada tiap-tiap lubangnya maka Anda kudu menutup pupuk tersebut mengfungsikan tanah khususnya dahulu. Penutupan memadai mengfungsikan tanah biasa dengam ketebalan sekitar 3 cm.
  4. Namun jikalau Anda tidak beri tambahan pupuk pada tiap-tiap lubang nya maka maka bibit seledri dapat segera ditanamkan pada lubang yang telah di buat.

D. Perawatan

Dalam pembahasan cara menanam seledri agar menjadi seledri yang subur harus melalui proses perawatan, Seperti yang telah kami jelaskan layaknya info di atas tadi yaitu perawatan tanaman seledri adalah terlalu mudah. Hal yang paling pokok untuk tanaman seledri adalah kadar air di di dalam tanah terpenuhi. Berikut adalah langkah-langkah untuk perawatan tanaman seledri:

  1. Setelah bibit seledri di tanam maka satu hari seterusnya lebih baik di siram pakai air biasa khususnya dahulu. Karena umumnya tanaman yang baru di tanam belum siap untuk terima kandungan obat-obatan pestisida dan justru bakal mati.
  2. Setelah usia tanaman seledri kurang lebih 1 minggu maka dilaksanakan penyiraman pakai air yang udah di campur bersama dengan ramuan. Campuran air ini antara lain: pupuk kandang, obat penyubur dan pembunuh hama.
  3. Penyiraman dilaksanakan setiap satu minggu sekali sampai tanaman seledri siap untuk di panen.

D. Masa Panen

Setelah kami bahas cara menanam seledri dari penyemaian hingga cara perawatannya tinggal menunggu masa panen. Setelah tanaman seledri sudah memasuki era panen maka sebaiknya penyiraman dilaksanakan setiap satu hari setelah sistem panen. Proses tersebut dilaksanakan secara konsisten menerus sampai tanaman seledri udah tidak bertumbuh lagi.

Jarak untuk sistem pemanenan tanaman seledri alangkah baiknya yakni bersama dengan jarak kurang lebih 5 hari sampai satu minggu. Pemanenan tersebut harus dilaksanakan secara rutin dan berurutan sehingga pertumbuhan daun selalu stabil. Dan jangan lupa penyiraman dilaksanakan setiap satu hari setelah sistem pemanenan.

Cukup sekian ulasan dari kita mengenai cara menanam seledri terasa dari pengolahan lahan, penyemaian, perawatan sampai era panen. Semoga selalu berfaedah bagi Anda semua dimanapun Anda berada. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *