Cara Menanam Tembakau dan Perawatannya

Cara Menanam Tembakau dan Perawatannya – Tembakau adalah type tanaman musiman, yaitu kebanyakan dibudidayakan oleh para petani terhadap saat musim kemarau. Mengapa dimusim kemarau? Berikut adalah penjelasannya dan cara menanam tembakau berkualitas.

Untuk tanaman tembakau jika ditanam terhadap musim penghujan yaitu ditanam menjadi berasal dari bibit ke sarana tanam di ladang maka bibit tembakau tidak bakal tumbuh bersama dengan baik sebab bibit tembaku bakal ringan membusuk yang disebabkan oleh amat banyaknya kandungan air di dalam tanah.

Cara Menanam Tembakau dan Perawatannya

Pada saat masa perkembangan dan di saat tanaman tembakau berumur dewasa, tanaman tembakau bakal mendapatkan hasil yang tidak cukup baik sebab amat banyaknya curah hujan agar bakal membawa dampak terhadap daun yang tidak maksimal atau tidak baik.

Nilai menjual tembakau yang menurun sebab disebabkan oleh intensitas cahaya yang tidak cukup atau cuaca panas yang kurang, cuaca panas ini kebanyakan digunakan sebagai penjemuran tembakau yang tengah dikerjakan sistem pengolahan, sebab jika panas yang tidak cukup berasal dari terik matahari bakal berefek terhadap penjemuran yang tidak cukup maksimal dan termasuk tidak mendapatkan hasil yang tidak cukup maksimal atau rokok jadi tidak cukup sedap dan tidak cocok yang diharapkan. Oleh sebab itu bersama dengan beberapa perihal berikut yang terjadi maka harga tembakau tentu saja bakal anjlok.

Baca juga : Cara Menanam Terong dari Biji

Tahapan Cara Menanam Tembakau

Dengan hal-hal yang telah dijelaskan di atas tadi maka tentu saja Anda telah mengerti bagaimana cara menanam tembakau memiliki kualitas secara baik dan benar, yaitu tembakau ditanam terhadap saat musim kemarau. Berikut ini saya bakal memberi tambahan ulasan perihal bagaimana cara menanam tembakau berkualitas:

  1. Pemilihan bibit tembakau yang telah berusia sekurang-kurangnya 35 hari, bibit tanaman tembakau diusia sekurang-kurangnya 35 hari bakal siap untuk ditanam sebab akar terhadap bibit tembakau berikut telah kuat dan siap untuk mengatur terhadap lahan yang baru.
  2. Olah lahan tanah yang bakal ditanam yaitu dicangkul atau digemburkan secara merata bersama dengan kedalaman sekurang-kurangnya 25 cm, penggemburan dikerjakan agar tanah jadi gembur dan subur agar tanah mendukung untuk dijadikan sarana tanam.
  3. Buatlah lubang secara berbanjar mengfungsikan cangkul yang di iringkan yaitu lebih kurang bersama dengan kedalaman 10 cm, lubang berikut yang nantinya bakal digunakan sebagai sarana tanam.
  4. Masukkan pupuk kandang kedalam lubang yang telah dibikin yaitu bersama dengan sebanyak lebih kurang satu kepal tangan orang dewasa, untuk pemberian pupuk ini tertentu terhadap tanaman tembakau tidak amat banyak sebab tanaman tembakau adalah type tanaman yang ringan untuk bertumbuh.
  5. Setelah itu diatas pupuk kandang mampu ditambahkan pupuk KCL yaitu sebanyak 1 sendok makan, pemberian pupuk KCL berikut lumayan keatas pupuk kandang yang telah dimasukkan kedalam lubang.
  6. Diatas pupuk sesudah itu ditutup mengfungsikan tanah biasa bersama dengan kadalaman lebih kurang disekitar 3 cm hingga 5 cm.
  7. Sebelum ditanam bibit tembakau yaitu terhadap lahan yang telah ditutup tanah maka perlu dikerjakan pelubangan khususnya dahulu lumayan mengfungsikan jari tangan orang dewasa, yaitu bersama dengan ukuran lebih kurang lumayan dijadikan untuk menanam bibit tembakau.
  8. Tanam tembakau yang telah siap ditanam yaitu sekurang-kurangnya berusia 35 hari kedalam lubang yang telah di buat tadi.

Cara Perawatan Tembakau

Setelah beberapa cara diatas selesai dikerjakan maka cara seterusnya yaitu adalah perawatan. Berikut ini adalah perawatan dalam cara menanam tembakau berkualitas:

  1. Pada usia tanam 2 bulan alangkah baiknya di beri pupuk putih terhadap tanaman yaitu bersama dengan jarak sekurang-kurangnya 5 cm, jarak berikut tidak amat dekat agar tanaman tidak mati.
  2. Saat tanaman berusia lebih kurang 70 hari maka pucuk tembakau sebaiknya dipotong, perihal ini bertujuan agar tanaman tembakau tidak bertumbuh tinggi menjulang agar daun terhadap tembakau jadi lebar.
  3. Tunggulah tanaman tembakau hingga berusia 5 bulan maka tembakau siap untuk dipanen.

Bagaimana? Mudah bukan? Cukup sekian dulu ulasan perihal cara menanam tembakau berkualitas, semoga berfaedah bagi Anda semua. Selamat coba dan semoga sukses.