Cara Menanam Terong Yang Mudah dan Menguntungkan

281 views

Cara Menanam Terong – Tahukah Anda bahwa terong merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang kaya dapat manfaat, selain itu sayuran terong termasuk bisa dibudidayakan bagi siapa saja bersama dengan mudah. Terong bukanlah jenis tanaman sayuran yang kesulitan di dalam sistem pengolahan lahan, penanaman sampai perawatannya. Berbudidaya terong bisa dilaksanakan dimana saja, baik di dataran tinggi, dataran sedang dan termasuk dataran rendah.

cara menanam terong

Ada banyak petani yang membudidayakan jenis tanaman sayuran terong ini sebab harga jualnya yang relatif stabil, selain itu permohonan di dalam dunia pasar termasuk senantiasa senantiasa stabil supaya petani senantiasa ringan untuk menjajakan hasil panen sayuran terong tersebut. Dalam kesempatan kali ini aku dapat mengkaji mengenai bagaimana cara menanam terong yang baik dan benar.

Baca juga : Cara Menanam Kacang Panjang

Tahapan Cara Menanam Terong Yang Baik

Untuk dapat menghasilkan tanaman terong yang berkualitas baik, anda terlebih dahulu harus mengetahui langkah/tahapan cara menanam terong agar dapat memperoleh hasil panen yang maksimal, tahapannya yaitu :

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit terong terutama dahulu yaitu disekitar umur 35 hari, sebab terhadap umur berikut bibit terong siap untuk ditanam di media lahan layaknya ladang.

2. Pengolahan Lahan

Sebelum lahan ditanami dengan bibit terong terlebih dahulu anda harus mengolah lahan, tujuannya agar tanah yang akan ditanami terong gembur, tahapan pengolahan lahannya yaitu :

  1. Langkah pertama yang wajib dilaksanakan di dalam pengolahan lahan yang baik dan benar yaitu pencangkulan atau penggemburan, caranya yaitu tanah dicangkul bersama dengan kedalaman sedikitnya 25 cm supaya tanah jadi gembur sampai kedalaman yang diinginkan.
  2. Langkah ke dua yaitu setelah pencangkulan selesai maka cara selanjutnya adalah tanah diberi lubang bersama dengan kedalaman yaitu kurang lebih 10 cm bersama dengan jarak perlubang yaitu disekitar 15 cm atau 20 cm, jarak berikut sebaiknya jangan amat dekat supaya akar terhadap tanaman tidak berhimpitan dan termasuk akar tidak berebut zat yang di inginkan oleh tanaman di dalam tanah.
  3. Selanjutnya yaitu masukkan pupuk kandang kedalam lubang yang telah jadi bersama dengan persentase sedikitnya sebanyak satu kepal tangan orang dewasa. Pemberian pupuk berikut sebagai pendukung supaya tanah terhadap fasilitas tanam jadi subur dan senantiasa terjaga tingkat kegemburannya.
  4. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya diatas pupuk kandang ditambahkan taburan pupuk KCL sebanyak tidak cukup lebih satu sendok makan, pupuk KCL berfungsi bagi pendukung terhadap pupuk kandang biasa supaya kinerja terhadap pupuk kandang biasa bisa lebih maksimal.
  5. Setelah pupuk kandang dimasukkan maka cara selanjutnya yaitu pupuk ditutup memakai tanah biasa bersama dengan ketebalan kurang lebih 3 cm sampai 5 cm. Penutupan berikut sebaiknya jangan amat tebal sebab tanah yang digunakan untuk penutupan berikut berfungsi bagi perkembangan awal bibit terhadap fasilitas lahan diladang.

3. Penanaman

Setelah beberapa langkah diatas telah selesai, maka cara selanjutnya yang wajib diperhatikan di dalam cara menanam terong yang baik dan benar adalah sistem penanaman, sistem menanam merupakan sistem yang amat ringan tapi tidak boleh dilaksanakan bersama dengan cara yang sembarangan. Berikut ini adalah cara yang wajib diperhatikan di dalam penanaman tanaman terong yaitu :

  1. Sebelum bibit terong ditanam sebaiknya lahan yang dapat ditanam diberi lubang memakai jari tangan orang dewasa atau bisa termasuk memakai kayu yang telah diruncingi, pelubangan berikut yaitu bersama dengan kedalaman sedikitnya 3 cm sampai 5 cm atau bisa termasuk sesuai oleh bibit yang dapat ditanam.
  2. Setelah pelubangan selesai maka plastik yang tersedia terhadap bibit atau dijadikan pot bibit terong disobek atau di lepaskan terutama dahulu supaya tidak ikut tertanam supaya tidak mengganggu perkembangan terhadap akar tanaman yang dapat berakibat terhadap perkembangan tanaman pastinya.
  3. Masukkan bibit yang telah siap untuk ditanam kedalam lubang yang telah dipersiapkan layaknya terhadap info diatas tadi lantas padatkan sedikit tanah supaya bibit tidak roboh dan bisa berdiri bersama dengan tegak atau sempurna.

4. Perawatan

Sekarang sistem untuk penanaman telah selesai, maka cara selanjutnya yang wajib diperhatikan di dalam cara menanam terong yang baik dan benar adalah perawatan, untuk style tanaman terong ini sistem perawatannya tidaklah susah. Berikut adalah ulasan mengenai cara menanam terong yang baik dan benar beserta keterangannya:

  1. Pada umur tanaman disekitar 2 minggu atau 3 minggu maka wajib dilaksanakan penyemprotan anti hama terhadap tanaman, penyemprotan berikut berfungsi untuk membunuh hama yang terasa menyerang terhadap tanaman.
  2. Hal berikut dilaksanakan secara berkala bersama dengan tetap menerus jikalau terdapat hama terhadap tanaman, atau jikalau wajib bisa Anda semprotkan di dalam jangka selagi tiap satu minggu sekali.

5. Waktu Panen Terong

Pada umur tanaman kurang lebih 70 hari maka tanaman terong dapat terasa bertumbuh bunga, bersama dengan bertumbuhnya bunga berikut nantinya tanaman terong dapat segara ditumbuhi oleh buah terong dan terong terhadap biasanya dapat siap dipanen terhadap umur kurang lebih 105 hari umur tanaman dari pertama kali selagi bibit terong terasa ditanam.

Cukup sekian ulasan mengenai cara menanam terong yang baik dan benar dari aku semoga senantiasa memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya, sampai jumpa lagi pada pembahasan artikel kami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *