Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar

Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar – Tanaman tomat sudah pasti sudah tidak asing ulang bagi Anda, tetapi tahukah Anda, tomat ternyata sanggup dimanfaatkan untuk jadi lahan usaha yang menjanjikan. Banyak petani yang enggan membudidayakan tanaman tomat gara-gara bertanam tomat merupakan terlalu susah, tetapi aku bakal memberikan ulasan tentang Cara Menanam Tomat yang Baik sehingga menghasilkan tomat yang memuaskan dan sudah pasti bakal memperoleh menguntungkan yang melimpah.

Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar

Selain itu tahukah Anda kecuali tomat punya banyak vitamin dan khasiat yakni contohnya kadar citamin C pada tomat sanggup berguna untuk menyembuhkan penyakit sariawan pada bibir pecah-pecah. Maka berasal dari itu tanaman tomat atau buah tomat memang adalah sayur atau buah yang mempunyai permohonan pasar yang terlalu besar, disamping itu justru penyuplai tomat berasal dari petani yang terlalu minim sehingga berakibat pada kurangnya suplai pada pasar. Banyak petani yang ragu untuk bertanam sayuran tomat gara-gara tetap minimnya pengolahan pada tanaman tomat.

Baca juga : Cara Menanam Semangka yang Mudah

Tahapan Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar

untuk itu pada peluang kali ini kami bakal mengulas tentang bagaimana Cara Menanam Tomat yang Baik dan benar. Simaklah ulasan di bawah ini bersama teliti:

1. Pembibitan Tomat Dari Biji

Untuk membudidayakan atau menumbuhkan tomat berasal dari biji hingga jadi bibit tomat yang siap tanam tidaklah mudah. Ada sebagian langkah yang harus dijalankan tetapi jangan cemas gara-gara aku bakal mengulas pada peluang kali ini. Berikut adalah ulasan tentang Cara Menanam Tomat yang Baik dan benar terasa berasal dari biji hingga bibit tomat yang siap tanam:

  1. Buatlah campuran tanah bersama pupuk kandang/ pupuk UREA beserta pupuk KCL, campuran berikut bersama perbandingan kadar yakni (tanah 10 ember cat besar : pupuk kandang/ pupuk UREA 1 ember cat besar : pupuk KCL 1 kg). Dari bahan-bahan berikut lakukan pencampuran bersama merata sehingga tidak ada gumpalan-gumpalan kecil yang bakal mengakibatkan campuran jadi tidak sempurna.
  2. Saring campuran yang sudah jadi gunakan saringan atau ayakan yang terbuat berasal dari strimin bersama ukuran lubang 0,5 cm. Penyaringan berikut punya tujuan sehingga campuran jadi lebih lembut dan termasuk tidak ada ranting-ranting kecil atau sampah yang terdapat pada tanah campuran.
  3. Masukkan tanah campuran yang sudah lembut kedalam plastik pot kecil tertentu yang digunakan untuk pembibitan. Saya kasih anjuran untuk memasukan tanah kedalam plastik pot sebaiknya sambil ditaburkan dan jangan dpadatkam sehingga tanah didalam pot selalu gembur.
  4. Sebelum dimasukkan bibit biji jamur, sebaiknya pot disiram gunakan air biasa terlebih dahulu bersama merata sehingga tanah jadi lembab.
  5. Masukkan bibit biji tomat kedalam pot bersama teliti.
  6. Setelah semua selesai maka langkah selanjutnya dijalankan penutupan pada pot yang sudah diisi bibit biji tomat, penutupan berikut gunakan plastik mulsa hingga 5 hari maka bibit biji tomat bakal terasa tumbuh, sehabis itu sebaiknya plastik mulsa berikut di buka sehingga bibit yang sudah tumbuh memperoleh hawa yang segar.
  7. Setelah itu menunggu bibit hingga berusis 20 hari sambil tiap hari dijalankan penyiraman cocok bersama suasana tanah didalam pot maka bibit bakal siap untuk ditanam.

2. Penanaman

Sebelum lakukan penanaman yakni langkah pertamanya adalah mengakibatkan lahan untuk bertanam, lahan untuk bertanam sanggup dimana saja. Setelah seutuhnya sudah siap, maka langkah penanaman langsung di mulai, simaklah ulasan tentang Cara Menanam Tomat yang Baik dan benar di bawah ini:

  1. Langkah pertama untuk menanam bibit tomat yakni plastik pot dilepaskan terlebih dahulu, sebaiknya sehingga tidak merusak tanah dan termasuk akar pada bibit yakni caranya plastik pot di robek lantas tanam bibit tomat pada lahan yang sudah dipersiapkan dan pastikan bibit tomat sanggup berdiri bersama sempurna.
  2. Pada umur tanaman sudah 10 hari maka harus terasa dijalankan penyemprotan obat anti hama tiap-tiap 3 hari sekali.
  3. Pada umur tanaman 15 hari maka dijalankan bantuan tiyang penyangga atau lanjaran pada tiap-tiap tanaman dan ikat tanaman gunakan tali yang dikaitkan satu diantara tiyang penyangga atau lanjaran. Pemberian tali sanggup menggapai 8 hingga 11 kali tergantung tanaman tomat sudi dipangkas atau tidak.
  4. Pada umur tanaman tomat 35 hari maka bakal terasa tumbuh buah tomat yang kecil-kecil. Kemudian sebaiknya obat pada penyemprotan ditambahkan yakni meliputi obat anti jamur, obat ulat dan termasuk obat untuk penyubur buah. Jangan lupa penyemprotan dijalankan secara berkala dan terus menerus hingga buah tomat terlalu tidak bertumbuh lagi.
  5. Tomat umumnya bakal terasa siap untuk dipanen yakni pada umur tananan 2 bulan berasal dari terasa ditanam.

Menanam tomat benar-benar sulit, tetapi bersama ulasan yang sudah aku buat mudah-mudahan sanggup menolong Anda untuk berbudidaya tanaman tomat bersama hasil yang maksimal. Cukup sekian ulasan tentang Cara Menanam Tomat yang Baik dan benar berasal dari saya, semoga selalu bermanfaat.