Cara Menanam Tomat Yang Benar

Cara Menanam Tomat Yang Benar – Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya dapat manfaat. Tomat bisa dimaska secara segera maupun diolah terlebih dahulu, tomat merupakan tipe sayuran yang fleksibel karena bisa dimasak dan terhitung bisa dimakan secara langsung. Contoh olahan yang berasal berasal dari tomat adalah sambal tomat, campuran sop atau bening, jus tomat dan tetap banyak ulang tipe masakan yang berasal berasal dari tomat. Tomat mengandung banyak vitamin yakni contoh nya vitamin C yang terdapat pada tomat bisa membuat sembuh sariawan pada bibir.

Cara Menanam Tomat Yang Benar

Tomat terhitung tipe sayuran yang harganya lumayan mahal, lebih-lebih petani bisa meraup menguntungkan yang lebih banyak berasal dari hasil bertani tanaman tersebut. Akan tapi bertanam tomat tidaklah enteng maka berasal dari itu sedikitnya petani dan sedikitnya tersedia sayur tomat dipasaran memicu harga tomat melambung tinggi karena keinginan pasar yang tinggi dan terhitung sedikitnya suplai berasal dari petani. Untuk itu tetap terbukanya untuk jadi petani tomat yang berhasil karena sedikitnya petani yang berbudidaya tomat.

Maka berasal dari itu pada peluang kali ini saya dapat membicarakan berkenaan langkah menanam tomat yang benar sehingga jadi petani tomat yang sukses. Tomat bisa ditanam di mana saja merasa berasal dari dataran rendah, dataran tengah dan terhitung dataran tinggi, dapat tapi perihal yang paling mutlak didalam langkah menanam tomat yang benar adalah pengolahan lahan dan terhitung perawatannya.

Baca juga : Cara Menanam Tomat yang Baik dan Benar

Tahapan Cara Menanam Tomat Yang Benar

Berikut ini merupakan tahapan cara menanam tomat yang benar agar mendapatkan hasil yang melimpah dan maksimal simaklah tahapannya dibawah ini :

1. Pengolahan Lahan

Untuk pengolahan lahan pada tanaman tomat nyaris serupa pada pengolahan lahan untuk tanaman yang lain. Tomat bisa ditanam dilahan bedeng atau lahan biasa, tapi pada peluang kali ini saya dapat menambahkan contoh bagaimana langkah menanam tomat yang benar didalam lahan bedeng. Betikut adalah ulasan beserta keterangannya:

  1. Buatlah lahan bedeng layaknya pada lahan bedeng untuk tanaman yang lainnya.
  2. Buatlah lubang pada plastik mulsa yakni disisi kanan dan sisi kiri tertentu untuk tempat bertanam tanaman tomat.
  3. Buatlah jarak antar lobang yakni kira-kira 15 cm sampai 20 cm, jarak yang tidak terlampau dekat berfaedah untuk perkembangan akar tanaman bersama bebas didalam tanah.
  4. Buatlah lubang memanfaatkan kayu yang telah diruncingkan/ponjo kedalam bedeng yang telah diberi lubang pada plastik mulsanya.
  5. Masukkan pupuk urea kedalam lubang tersebut, pupuk urea selanjutnya berfaedah sebagai penambah tingkat kesuburan pada tanah.
  6. Tutup ulang memanfaatkan tanah biasa, lantas diamkan terlebih dahulu kira-kira 3 hari maka lahan siap untuk ditanam.

2. Penanaman

Untuk proses penanaman, sebaiknnya Anda menentukan bibit tomat yang baik terlebih dahulu yakni usia pada bibit sedikitnya 20 hari berasal dari pertama bibit bertumbuh. Pada usia selanjutnya bibit tomat telah bisa dan siap untuk ditanam pada lahan bedeng. Berikut adalah tata langkah menanam tomat yang benar:

  1. Buatlah lubang pada lahan bedeng yang telah dipersiapkan lumayan memanfaatkan jari tangan orang dewasa atau apa pun alat yang Anda memanfaatkan untuk memicu lubang.
  2. Masukkan atau tanam bibit tomat yang telah dipersiapkan kedalam lubang dan urug bibit tanaman tomat bersama sedikit tanah sehingga bibit tomat bisa berdiri bersama tegak.

3. Perawatan

Nah inilah dia perihal yang paling susah didalam langkah menanam tomat yang benar yakni perawatannya yang terlampau rumit. Berikut adalah langkah perawatan tanaman tomat yang benar:

  1. Pada usia tanaman tomat 15 hari berasal dari bertanam maka harus diberikan tiyang penyangga atau bisa terhitung disebut lanjaran. Berikan tiyang penyangga selanjutnya disetiap samping tanaman tomat.
  2. Berilah tali dan kaitkan salah satu tiyang penyangga bersama tomat dan tiyang penyangga yang lainnya secara berbanjar memanjang menurut bedeng. Pemberian tali selanjutnya dikerjakan lima hari sekali secara berurutan sampai raih tali 8 tingkat sampai 11 tingkat pada tiap tiap tiyang penyangga.
  3. Kemudian 3 hari selanjutnya yakni tanaman tomat diberi penyemprotan, penyemprotan selanjutnya memanfaatkan campuran obat untuk anti hama dan dikerjakan secara 3 hari sekali terus menerus.
  4. Pada usia tanaman 35 hari maka maka tomat kecil dapat merasa bertumbuh dan sebaiknya harus disemprot bersama campuran obat anti jamur dan terhitung obat anti ulat dan juga ditambahkan obat penyubur buah sehingga buah jadi lebat. Penyemprotan selanjutnya dikerjakan kurang lebih 1 minggu sekali secara berkala.
  5. Pada usia 2 bulan maka tomat siap untuk dipanen.

Cukup sekian ulasan berkenaan cara menanam tomat yang benar berasal dari saya, semoga senantiasa bermanfaat.
Selamat coba dan semoga sukses!!!