Tips Budidaya Ubi Jalar Agar Panen Banyak dan Melimpah

Tips Budidaya Ubi Jalar Agar Panen Banyak – Ubi jalar merupakan tumbuhan pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sesudah padi dan jagung. Zaman dahulu ubi jalar seringkali dimanfaatkan menjadi pengganti nasi menggunakan cara direbus.

Zaman dahulu ubi jalar sering dimanfaatkan sebagai pengganti nasi dengan cara direbus dan dibakar. Namun dengan kemajuan zaman dan teknologi kini ubi jalar sanggup diolah menjadi beranekaragam masakan mulai dari masakan ringan, kue, mie bahkan ada yang dibentuk es krim yang sangat nikmat.

Tips Budidaya Ubi Jalar Agar Panen Banyak

Tips Budidaya Ubi Jalar Agar Panen Banyak

Tanaman ini sanggup tumbuh diberbagai jenis tanah dan tempat alasannya yaitu tingkat toleran terhadap lingkungan sangat tinggi.

Namun untuk hasil dan pertumbuhan yang optimal tumbuhan ini harus tumbuh pada suhu yang sejuk dan pada tempat dataran tinggi atau pegunungan.

Ubi jalar sendiri mempunyai banyak jenis mulai dari yang dagingnya berwara putih, kuning, orange, ungu muda dan ungu tua.

Berikut saya akan menjelaskan perihal cara membudidayakan ubi jalar yang baik dari awal hingga akhir.

Pemilihan Bibit

Dalam memperbanyak tumbuhan ubi jalar kita harus menentukan bibit dari indukan yang sehat serta mempunyai produksi buah yang tinggi.

Untuk memperbanyak tumbuhan ubi jalar terdapat dua cara yaitu dengan cara generatif dan vegetatif.

Cara generatif yaitu dengan meletakan ubi jalar ditempat yang sejuk, biarkan ubi jalar bertunas, sesudah bertunas kemudian potong potong ubi yang sudah bertunas tersebut.

Cara vegetatif yaitu dengan cara stek (potong) caranya dengan memotong batang ubi jalar kemudian tanam pada lahan yang sudah disiapkan.

Pengolahan Lahan

Gemburkan lahan memakai cangkul atau bajak, kemudian buat gulutan dengn ukuran lebar 40 – 50 cm dan tinggi gulutan 50 cm.

Berikan pupuk sangkar yang sudah matang sebanyak 20-30 ton/hektar kemudian biarkan selama satu ahad semoga lahan terjemur dan gas dan jamur jamur sisa tumbuhan sebelumnya sanggup menguap dan mati.

Bila tanah terlalu masam dibawah ph 5 maka berikan kapur dolomit sebanyak 3-4 ton/hektar.

Penanaman

Penanaman ubi jalar sangat lah gampang yaitu dengan cara menancapkan batang ubi jalar ke gulutan gulatan tanah yang dibuat.

Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari dan hindari penanaman pada siang hari alasannya yaitu akan menciptakan bibit ubi jalar menjai layu jawaban panas.

Usahakan sesudah penanaman dilakuan penyiraman semoga tanah tetap lembab dan bibit ubi jalar gampang tumbuh.

Perawatan

Dalam proses perawatan tumbuhan ubi jalar yang harus kita laukan ialah sebagai berikut :

Penyiangan

Penyiangan dilaukan dengan membersihkan gulma atau rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan ubi jalar.

Pemotongan Atau Pembalikan Batang Ubi Jalar

Pemotongan atau pembalikan batang ubi jalar dilaukan semoga ubi yang dihasilkan cepat besar dan karenanya optimal alasannya yaitu jikalau batang dibiarkan menjalar panjang maka ubi jalar akan trus menjalar dan tidak berbuah.

Pemupukan

Laukan pemupukan pertama sesudah tumbuhan berumur 15 – 25 hari sesudah tanam memakai Urea dan Sp 36 sebanyak 200g/hektar.

Untuk pemupukan kedua dilakukan sesudah tumbuhan berumur 30 – 40 hari sesudah tanam memakai Za dan Npk masing masing sebanyak 300kg/hektar.

Pembasmian Hama Penyakit

Untuk tumbuhan ubu jalar hama yang sering menyerang ialah hama Boleng/Lanas Cylas formicarius Fab. (Coleoptera : Brentidae) yang memakan ubi jalar menjadi berlubang dan busuk.

Untuk mengatasi hama ini kita harus membersihkan lahan dari sisa tumbuhan sebelumnya dan menggunan bibit dari hasil stek.

Selain hama Boleng/Lanas Cylas formicarius Fab. (Coleoptera : Brentidae) penyakit yang tak kalah serius ialah serangan penggerek batang yang meyerang cuilan dalam batang ubi jalar dan mengakibatan tumbuhan ubi jalar mati.

Untuk mengatasi hama ini kita harus melaksanakan pergiliran atau pergantian bibit setiap dua kali pemakaian bibit yang sama dan jarak antar gulutan diperlebar.

Pemanenan

Ubi jalar dapt dipanen sesudah berumur 3 – 4 bulan sesudah tanam tergantung jenis varietasnya, dengan ciri ciri ubi jalar siap panen ialah daun sudah mulai menguning dan sudah banyak yang rontok.

Pemanenan ubi jalar dilakukan dengan mencabut ubi memakai tangan atau sanggup memakai dukungan garpu.

Kemudian masukkan ubi jalar yang sudah dipanen kedalam karung atau kotak dan siap untuk dipasarkan.

Bila perawatan optimantuk satu hektar lahan sanggup menghasilkan ubi jalar sebanyak 20 – 30 ton dengan syarat perawatan yang optimal.

Demikian Tips Budidaya Ubi Jalar Agar Panen Banyak. tks